D3 Pharmacy
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/25
Browse
2 results
Search Results
Item ANALISIS TINGKAT PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-12) LILI HASLIA NINGSILili Haslia Ningsi, 2019 “Analisis Tingkat Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien di Apotek” dibimbing oleh Safaruddin Amin dan Dini Ayu Ariastiwi B. Telah dilakukan penelitian analisis tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek X dan Apotek Y. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan metode Observasi. Metode pengambilan data ini dilakukan dengan memberikan kuesioner terhadap pasien yang berkunjung di Apotek. Penelitian ini dilakukan di Apotek di kota Makassar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan di Apotek X sebesar 92,25 % dan di Apotek Y sebesar 91 % yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi ketanggapan di Apotek X sebesar 92,11% dan di Apotek Y sebesar 92% yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi empati di Apotek X sebesar 95,84 % dan di Apotek Y sebesar 94,4% yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi berwujud di Apotek X sebesar 95,8 % dan di Apotek Y sebesar 81,5 % yang artinya pasien merasa sangat puas. Sedangkan hasil dari uji Mann Whitney U Test didapatkan p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antar Apotek X dan apotek Y.Item TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK ATHIQAH FARMA(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) RAHMAWATITingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Athiqah Farma.Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Athiqah Farma. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner yang di isi oleh responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden. Kuesioner memiliki lima dimensi yaitu jaminan(assurance), empati(empathy), daya tanggap(responsiveness), keandalan(reability), dan bukti langsung(tangible). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pasien merasa puas terhadap pelayanan informasi obat di apotek Athiqah Farma.