S1 English Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/37

Browse

Search Results

Now showing 1 - 1 of 1
  • Item
    IMPROVING WRITING SKILL BY USING MIND MAPPING TECHNIQUE FOR THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 12 MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) BASRI
    Penelitiian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teknik Mind Mapping di kelas XI MIPA 2 di SMAN 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dan setiap siklus memiliki empat kali pertemuan. Penelitian pada tiap siklus terdiri dari empat Langkah; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif (tes) sebagai data utama dan kualitatif (ceklis observasi dan catatan lapangan) sebagai data pendukung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa di kelas XI MIPA 2 di SMAN 12 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas XI MIPA 2. Nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 70,08 yang dikategorikan baik dan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 81,23yang dikategorikan sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus 2 lebih baik dari siklus 1. Persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan juga meningkat. Pada siklus 1, terdapat 15 siswa (42,86%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada siklus 2, terdapat 25 siswa (71,43%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis khususnya teks argumentasi.