S1 English Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/37
Browse
1 results
Search Results
Item AN ANALYSIS OF STUDENTS' ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL(2025-08-04) NILAM SARI SAFITRIPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi pada tulisan siswa dan jenis-jenis kesalahan yang biasa dilakukan oleh siswa ketika menulis teks recount di SMA Negeri 14 Gowa pada tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh siswa dari kelas sebelas XI IPA Satu. Penelitian ini menggunakan instrumen dokumentasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan kesepakatan kata kerja, kesalahan bentuk kata kerja, kesalahan kalimat, dan kesalahan ejaan. Tingkat rata-rata level tulisan siswa adalah empat belas siswa berada pada level “baik” untuk kesalahan subject verb agreement. Tiga puluh siswa berada pada tingkat “tidak memuaskan” untuk kesalahan bentuk kata kerja. Dua puluh sembilan siswa berada pada level “tidak memuaskan” untuk kesalahan struktur kalimat, dan dua puluh tiga siswa berada pada level “memuaskan” untuk kesalahan ejaan. Sementara itu, ada dua faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya kesalahan pada siswa dalam menulis teks recount, yaitu transfer interlingual dan intralingual. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada empat jenis kesalahan dan dua jenis faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14.