S1 Elementary School Teacher Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30
Browse
Item PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV UPT SDN UNGGULAN BONTOMANAI(PERPUTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-04) FITRIANIPenelitian ini dilaksanakan di UPT SDN Unggulan Bontomanai. Dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan sampel kelas IV A terdiri 27 siswa dan IV B terdiri 28 siswa Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif peneliti menemukan model pembelajaran PjBL berbasis literasi dan model pembelajaran konvensional melalui tiga indikator dalam pembelajaran efektif, yaitu aktivitas siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 3,3 (baik) sedangkan untuk kelas kontrol 2,9 (baik), respon siswa kelas eksperimen 3,2 (baik) sedangkan kelas kontrol 2,7 (baik) dan hasil keterampilan berpikir kreatif 85,9 79,8 (sangat baik) sedangkan kelas kontrol 79,8 (baik). Analisis data statistik inferensial kelas eksperimen dengan nilai normalitas 0,113 berdistribusi normal, nilai homogenitas 0.813 yang berarti terpenuhi, nilai Uji Paired Sample T Test <0.000 yang berarti hipotesis dapat diterima, pada kelas kontrol dengan nilai normalitas 0.100 yang berdistribusi normal, nilai homogenitas 0,975. yang berarti terpenuhi, nilai uji Uji Paired Sample T Test <0.000 yang berarti hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil perbandingan Uji Independen Sample T Test rata-rata posttest 85,9 serta nilai KK sebesar 92,8% sedangkan model pembelajaran konvensional hanya memperoleh nilai 79,8 dan nilai KK 85,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berbasis literasi lebih berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.