S1 Elementary School Teacher Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30
Browse
Item The parenting of single parents in forming discipline for ibtidaiyah madrasah students(Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2023-07-22) SATRIAWATIThis article is motivated by student discipline records that show promising results. This disciplinary background cannot be separated from how single parents educate students in the family. This condition is certainly not in line with the theory of student discipline, where students with good discipline come from families that are intact and compact in educating their children. This article aims to find out and describe the Single Parent Parenting Pattern in Shaping the Discipline of MI Darussalam Pacet Mojokerto Students and the Causes of Single Parenting Patterns in Shaping the Discipline of MI Darussalam Students Pacet Mojokerto. This article has used a qualitative type with a case study approach centered on one well-disciplined student with divorced parents. The results of this study are 1) Parenting applied by single parents to students using a combination of authoritarian and authoritative parenting. 2) The causal factors are classified into internal and external.Item PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) ROSDIANAPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan Skala liker. Teknik pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh yang terdiri dari 92 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial adapun hasil analisis data yang diperoleh setelah uji angket yaitu dengan persentase 63% dari frekuensi 58 dengan kategori baik di lingkungan sekolah,, lingkungan keluarga persentase 51,1% dari frekuensi 47 dengan kategori baik Sedangkan pembentukan karakter persentase 57,6% dari frekuensi 53 dengan kategori baik. Uji F dapat di lihat dari hasil f hitung lebih besar dari f tabel (34,219 > 2,72), dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Di simpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.Item PENGARUH BUDAYA LITERASI POJOK BACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MURID KELAS IV SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-25) NURFADILLAHMinimnya akses literasi dan rendahnya keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar menjadi masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV di SD Negeri Kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 27 murid dengan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling insidental. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata budaya literasi pojok baca pada aktivitas guru adalah 3,98 berada pada kategori baik dan pada aktivitas murid adalah 3,97 berada pada kategori baik. Nilai rata-rata posttest keterampilan membaca adalah 83,29 berada pada kategori baik dan pada posttest keterampilan menulis adalah 83,59 berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis adalah 0,200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah pada keterampilan membaca 0,441 > 0,05 (homogen) dan pada keterampilan menulis 0,129 > 0,05 (homogen). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai sig 0,000 pada keterampilan membaca dan menulis dengan kriteria sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota MakassarItem PENERAPAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN LEMOA KABUPATEN. GOWA(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-28) MUH.HAJRIMJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa SDN Lemoa Kab. Gowa. Pada penelitian ini menemukan kurangnya pemahaman siswa terkait dengan persoalan dengan keagamaan, sehingga tujuan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini bisa menjadikan perantara agar siswa lebih belajar dan megambil pelajaran pada kegiatan tersebut, Tujuan kegiatan keagamaan ini tidak lain untuk mengajarkan siswa menanamkan nilai-nilai moral dan etika, Membangun disiplin dan tanggung jawab, Meningkatkan kemandirian dan kepemimpinan dan menumbuhkan sikap reflektif dan introspeksi. Hasil penelitian ini menemukan Sudah diterapkan dengan baik, dimana pada penerapan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa Kab.Gowa ini dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu yaitu pada hari jumat, Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh siswa SDN Lemoa dan dibimbing langsung oleh gurunya. pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa yaitu dengan melakukan kegiatan jumat ibadah ini bertujuan agar siswa lebih memahami persoalan terkait dengan keagamaan, dan dengan kegiatan jumat ibadah ini siswa diajarkan untuk percaya diri, berani dan disiplin. Adapun Hasil yang didapatkan oleh peneliti dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang diterapkan di SDN Lemoa Kab.Gowa yakni kegiatan ini sangat berepengaruh bagi siswa, dimana kegiatan ini memberikan dampak bagi perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa, melalui Kegiatan ini siswa mampu mengambil pembelajaran yang diberikan langsung oleh guru guru di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran hal tersebut guna menunjang kebutuhan peserta didik dalam penyaluran minat dan bakatnya diluar jam pelajaran. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini guru mengaharapkan dengan penerapan kegiatan jumat ibadah dan BTQ ini mampu memberikan perkembangan bagi siswa baik dalam perkembangan nilai-nilai keagamaan dan perkembangan karakter seperti kecerdasan, keterampilan dan sikap atau perilaku. KataItem PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV UPT SDN UNGGULAN BONTOMANAI(PERPUTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-04) FITRIANIPenelitian ini dilaksanakan di UPT SDN Unggulan Bontomanai. Dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan sampel kelas IV A terdiri 27 siswa dan IV B terdiri 28 siswa Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif peneliti menemukan model pembelajaran PjBL berbasis literasi dan model pembelajaran konvensional melalui tiga indikator dalam pembelajaran efektif, yaitu aktivitas siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 3,3 (baik) sedangkan untuk kelas kontrol 2,9 (baik), respon siswa kelas eksperimen 3,2 (baik) sedangkan kelas kontrol 2,7 (baik) dan hasil keterampilan berpikir kreatif 85,9 79,8 (sangat baik) sedangkan kelas kontrol 79,8 (baik). Analisis data statistik inferensial kelas eksperimen dengan nilai normalitas 0,113 berdistribusi normal, nilai homogenitas 0.813 yang berarti terpenuhi, nilai Uji Paired Sample T Test <0.000 yang berarti hipotesis dapat diterima, pada kelas kontrol dengan nilai normalitas 0.100 yang berdistribusi normal, nilai homogenitas 0,975. yang berarti terpenuhi, nilai uji Uji Paired Sample T Test <0.000 yang berarti hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil perbandingan Uji Independen Sample T Test rata-rata posttest 85,9 serta nilai KK sebesar 92,8% sedangkan model pembelajaran konvensional hanya memperoleh nilai 79,8 dan nilai KK 85,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berbasis literasi lebih berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.Item PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS III SD INPRES HOMBES ARMED KABUPATEN GOWA(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-04) SARTIKA SYAMPenelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Hombes Armed yang bertujuan untuk mengetahui cara antara. Pengaruh penggunaan Media Video dongeng Terhadap kemampuan komunikasi Siswa Kelas III SD Inpres Hombes Armed. Dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan sampel kelas III A terdiri 36 siswa dan III B terdiri 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan , yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan tes hasil belajar, sama halnya teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan tes yang ditinjau dari pembelajaran Bahasa Indonesia . Analisis data deskriptif peneliti menemukan Media video dongeng kemampuan komunikasi dan Teks dongeng melalui tiga indikator dalam pembelajaran efektif, yaitu untuk aktivitas siswa pada kelas eksperimen 4,2 (sangat baik) sedangkan untuk kelas Kontrol 3,85(baik), respon siswa untuk kelas eksperimen 4,6 ( Sangat baik) sedangkan untuk kelas Kontrol 3,5 (baik) dan hasil belajar kelas eksperimen 4,2(sangat baik) sedangkan kelas Kontrol 3,5 (baik). Analisis data statistik inferensial kelas eksperimen nilai signifikan kelas pre test video dongeng (0,020), post test video dongeng (0,003), dan pre test teks dongeng (0,009) dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak memenuhi asumsi normalitas. Karena tidak semua variabel memenuhi asumsi normalitas nilai homogenitas 0,082 maka uji hipotesis yang dipakai yaitu uji wilcoxon dan mann whitney nilai signifikan 0,007 yang mempunyai nilai lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05, berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswaItem KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SALUPOMPONG KABUPATEN MAUJU(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) NURHAEMIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Dengan HOTS pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju, melalui penguasaan materi pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju yang bejumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah obsevasi, tes, dokumentasi. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa hasil belaja matematika siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju pada penerapan model pembelajaran HOTS lebih efektif dari pada hasil belaja matematika siswa pada penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik.Item PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR MURID SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) YULISTA GIOVANI SULOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh murid kelas III, IV, dan V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 101 murid. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 21 murid, yang diperoleh dengan teknik simple randong sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analasis statistic inferensial, nilai rata-rata lingkungan sekolah adalah 73 berada pada kategori cukup. . Hasil perhitungan angket minat belajar siswa mayoritas siswa mengisi angket dengan presentase jawaban diatas 70. Angket minat belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata angket berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,399 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji linearitas adalah 0,805. Hasil uji hipotesis menunjukkkan nilai sig 0,004, dengan kriteria sig (0,004 < (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar.Item KOMPARASI KEEFEKTIFAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) IRWIN BUDIANTOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi keefektifan metode tutor sebaya dengan metode pembelajaran berkelompok dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 190 Ballere dengan jumlah 10 orang dan siswa kelas V SDN 191 Ballere dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa 1) Metode tutor sebaya efektif dalam pembelajaran tematik ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. 2) Metode pembelajaran berkelompok efektif dalam pembelajaran tematik ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. 3) Metode tutor sebaya dan metode pembelajaran berkelompok tidak memiliki perbedaan keefektifan dalam pembelajaran tematik ditinjau dari indikator keefektifan. 4) Metode tutor sebaya lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran berkelompok dalam pembelajaran tematik ditinjau dari indikator keefektifanItem PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) YulmitasariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan semua kelas IV ,V, dan VI SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar yang terdiri dari 179 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 57 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif, perhatian orang tua dengan jumlah 4,496 berada pada kategori baik dan prestasi belajar dengan jumlah 371,63 berada pada kategori baik. Analisis prasyarat hasil uji normalitas perhatian orang tua 0,489 dan prestasi belajar 0,067> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,264 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,896 > 0,05 dengan demikian terdapat linear perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Analisis inferensial Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota MakassarItem PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION SISWA KELAS IV SD NEGERI 271 LEMBANG KABUPATEN PINRANG(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) APRIYANTI EVAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With a Question Siswa Kelas IV SD Negeri 271 Lembang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 271 Lembang dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 58,8% dengan nilai rata-rata 67,23 atau 10 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 88,2% dengan nilai rata-rata 79,88 atau 15 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 271 Lembang melalui model pembelajaran Learning Start With a QuestionItem PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES NO 173 SIDENRE KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) NuraeniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan Menggunakan Model Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom) Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, Angket dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 73% dengan nilai rata-rata 78,67 atau 11 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan nilai rata-rata 85 atau 13 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre melalui model pembelajaran Time Token.Item ASUHAN KEPERAWATAN PADA An “I” DENGAN LUKA BAKAR DERAJAT IIA DI RUANG UNIT LUKA BAKAR DI RSUP. Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) SRI WAHYUNIM.TAHER, S.KEPDi dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari bahwa kesempurnaan laporan ini masih jauh dengan apa yang diharapkan. Namun demikian, penulis sedapat mungkin berusaha menyelesaikan laporan akhir ini dengan baik. Demi kesempurnaan laporan ini, setiap saran-saran dari semua pihak yang bersifat membangun, penulis akan menerima dengan senang hati. Dalam kesempatan ini pula, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada CI Institusi (Herti Haerani, S.Kep.,M.Kes) dan CI lahan (Nur Afni, S.Kep.,Ns) yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan dan arahan dalam proses penulisan laporan akhir, selain itu tak lupa juga penulis mengucapkan ucapan terima kasih kepadaItem UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MURID KELAS IV SDN 14 PULAU PODANG-PODANG KABUPATEN PANGKEP(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) NURMINurmi, 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Model Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas IV SDN 14 Pulau Podang-Podang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing Muh. Khaedar dan Irman R. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring murid melalui model Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) pada pembelajaran bahasa indonesia murid kelas IV SDN 14 Pulau Podang-Podang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes Kemampuan Membaca Nyaring, dan dokumentasi. Hasil obsrvasi penelitian pada siklus I dan II. Dimana pada siklus I keterampilan membaca nyaring dengan nilai rata-rata kelas 7,34 pada presentasi 75% dengan kategori cukup atau 15 murid yang tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat keterampilan membaca nyaring dengan nilai rata-rata kelas 8,76 pada persentase 90% berada pada kategori sangat baik atau 18 murid yang tuntas. Sehingga dapat dilihat pada peningkatan keterampilan membaca nyaring pada siklus II yang mengalami peningkatan secara signifikan.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS III SD NEGERI 27 PUNDINGI(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) HASNIAHTanaman mangga arumanis (Mangifera indica L.) mempunyai kandungan senyawa fenol. Tidak hanya itu, ada juga senyawa alkaloid, tannin, terpenoid, antrakuinon, asam amino, flavonoid, saponin, kardiak glikosida dan resin serta klorofil. Kandungan flavonoid dalam daun mangga arummanis memiliki potensi sebagai perangsang pertumbuhan rambut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memformulasikan ekstrak daun Mangga Arummanis (Mangifera Indica L) menjadi sediaan Hair Tonic sebagai penumbuh rambut dengan metode maserasi. Metode penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan metode ekstraksi secara maserasi menggunakan pelarut etanol 96% lalu dibuat sediaan Hair Tonic dengan konsentrasi F1 (5%), F2 (10%), F3 (15%), K+ (Minoxidil 2%) sebagai pembanding dan F5 tanpa ekstrak sebagai kontrol negatif, dilanjutkan dengan evaluasi formula yang meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji viskositas, , dan uji pertumbuhan rambut . Kemudian dilanjutkan dengan pengujian sediaan Hair Tonic. Hasil formula sediaan Hair Tonic ekstrak daun Mangga Arummanis (Mangifera Indica L) menunjukkan bahwa sediann dapat merangsang pertumbuhan rambut. Panjang rambut yang didapatkan dari sediaan Hair Tonic ekstrak daun Mangga Arummanis (Mangifera Indica L) yang didapatkan pada setiap konsentrasi 5%, 10% dan 15% yaitu : pengujian hari ke 4 F0 (0,3 mm, ), FI (0,4 MM), FII (0,6), FIII (0,9), Pengukuran hari ke 8 : F0 (0,4 mm), FI (0,8 mm), FII(0,9 mm), FIII (1,4 mm), dan pengukuran hari ke 12 : F0 (0,8 mm), FI (1,1 mm), FII (1,3 mm), FIII (1,8 mm). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sediaan Hair Tonic ekstrak daun Mangga Arummanis (Mangifera Indica L) dapat diformulasikan dalam bentuk sediaan Hair Tonic dan dapat merangsang pertumbuhan rambutItem PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS I SD NEGERI 2 TOLALA KABUPATEN KOLAKA UTARA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) NAPISAHPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I SD Negeri 2 Tolala Kabupaten Kolaka Utara dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Hasil tes siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 70% masuk dalam kategori cukup dan masih ada 6 siswa yang belum mencapai KKM. Hal itu disebabkan oleh aktifitas siswa dan guru yang belum maksimal. Pada siklus II hasil nilai tes keterampilan menulis siswa mencapai rata-rata kelas 85,6% dengan tidak ada siswa yang nilainya dibawah KKM. Hasil yang sudah bagus tersebut juga bersamaan dengan naiknya presentase aktivitas guru dan siswa dikelas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I SD Negeri 2 Tolala Kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I SD Negeri 2 Tolala Kabupaten Kolaka Utara dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Hasil tes siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 70% masuk dalam kategori cukup dan masih ada 6 siswa yang belum mencapai KKM. Hal itu disebabkan oleh aktifitas siswa dan guru yang belum maksimal. Pada siklus II hasil nilai tes keterampilan menulis siswa mencapai rata-rata kelas 85,6% dengan tidak ada siswa yang nilainya dibawah KKM. Hasil yang sudah bagus tersebut juga bersamaan dengan naiknya presentase aktivitas guru dan siswa dikelas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I SD Negeri 2 Tolala Kabupaten Kolaka Utara.Item PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(2025-08-06) Nur Indah SariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatstApp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar sebanyak 22 siswa di antaranya 14 laki-laki, dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar terdapat pengaruh dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan memanfaatakn media sosial WhatsApp terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota MakassarItem EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS II SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) LINCE LILINGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring pada pembelajaran PKN di Kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini adalah jenis eksperimen atau metode deskriptif dalam bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar berjumlah 22 orang siswa, diantaranya 8 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran daring terhadap pembelajaran PKN di kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar efektif dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa O1 di tolak dan O2 diterima.Item PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI SD INPRES SARROANGIN KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) RUSNAWATIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat belajar di masa pandemi SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Penelitian ini digolongkan kedalam jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Sampel pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Inpres Sarroangin yang terdiri dari 35 siswa. Jumlah keseluruhan sampel yang digunakan yaitu 35 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, dengan nilai rata-rata tingkat pendidikan orang tua (ayah) 52,86 berada pada kategori SMP berjumlah 9 orang dan ibu 65,14 berada pada kategori SMA berjumlah 10 orang, kedisiplinan siswa dengan nilai rata-rata 46,3143 berada pada kategori cukup disiplin, dan nilai rata-rata minat belajar 46,8571 berada pada kategori cukup berminat. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas tingkat pendidikan orang tua, kedisiplinan siswa dan minat belajar 0,634 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas tingkat pendidikan orang tua 0,065 dan kedisiplinan siswa adalah 0,018 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,225 > 0,05 (linear) berdasarkan hasil data tersebut maka terdapat hubungan yang linear tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar di masa pandemi SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten GowaItem PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE SISWA SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) RIANTIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Berbasis Online Siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian Ex post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pannara Kota Makassar dengan menggunakan instrumen angket. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VA dan VB SD Negeri Pannara Kota Makassar yang terdiri dari 66 siswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata peran orang tua dalah 90,83 berada pada kategori sangat berperan dan nilai ratarata motivasi belajar adalah 90,03 berada pada kategori sangat termotivasi. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,537 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,079 > 0,05 (homogen), hasil linearitas 0,597 > 0,05 (linear), uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar pada pembelajaran berbasis online siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »