S1 Elementary School Teacher Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30

Browse

Search Results

Now showing 1 - 4 of 4
  • Item
    PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD INPRES BANGKALA III KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-11) SARDI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan setiap kelas III, IV dan V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar yang terdiri dari 159 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA yang terdiri dari 26 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif, pembelajaran daring dengan jumlah 36,4615 berada pada kategori baik dan motivasi belajar dengan jumlah 30,3846 berada pada kategori baik. Analisis prasyarat hasil uji normalitas pembelajaran daring 0,08 dan motivasi belajar 0,240> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 5,017 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,691 > 0,05 dengan demikian terdapat linear pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Analisis inferensial hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,005) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar
  • Item
    ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-07) RANI PATTY
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan saat pembelajaran tatap muka siswa kelas V di sekolah SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa tersebut, ditemukan bahwa siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan motivasi belajar saat tatap muka. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa tersebut adalah siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua yang mendampingi siswa saat melakukan pembelajaran daring. Namun begitu, juga ditemukan bahwa dampak pendampingan daring seperti itu akan berakibat negativ terhadap perkembangan siswa kedepannya. Dampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugasnya. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawab di sekolahnya.
  • Item
    PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE SISWA SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) RIANTI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Berbasis Online Siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian Ex post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pannara Kota Makassar dengan menggunakan instrumen angket. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VA dan VB SD Negeri Pannara Kota Makassar yang terdiri dari 66 siswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata peran orang tua dalah 90,83 berada pada kategori sangat berperan dan nilai ratarata motivasi belajar adalah 90,03 berada pada kategori sangat termotivasi. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,537 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,079 > 0,05 (homogen), hasil linearitas 0,597 > 0,05 (linear), uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar pada pembelajaran berbasis online siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar
  • Item
    PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES NO 173 SIDENRE KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) Nuraeni
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan Menggunakan Model Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom) Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, Angket dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 73% dengan nilai rata-rata 78,67 atau 11 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan nilai rata-rata 85 atau 13 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre melalui model pembelajaran Time Token.