S1 Elementary School Teacher Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    PENGARUH PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES LAWALLU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU
    (Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) ISPA SALEMPANG
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Berbasis Karakter Terhadap Prestasi Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang, 10 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik mengalami pengaruh yang signifikan terhadap pendidikan berbasis karakter yang ditandai dengan diperoleh dari dua kali tes yaitu pretest yang didapatkan dengan rata-rata 71,80 sedangkan nilai postest yang di dapatkan dengan rata-rata 81.40, maka nilai tersebut sudah mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil diperoleh di simpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar tematik peserta didik kelas V di SD Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.
  • Item
    PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR MURID SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) YULISTA GIOVANI SULO
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh murid kelas III, IV, dan V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 101 murid. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 21 murid, yang diperoleh dengan teknik simple randong sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analasis statistic inferensial, nilai rata-rata lingkungan sekolah adalah 73 berada pada kategori cukup. . Hasil perhitungan angket minat belajar siswa mayoritas siswa mengisi angket dengan presentase jawaban diatas 70. Angket minat belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata angket berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,399 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji linearitas adalah 0,805. Hasil uji hipotesis menunjukkkan nilai sig 0,004, dengan kriteria sig (0,004 < (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar.