S1 Elementary School Teacher Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30
Browse
5 results
Search Results
Item PENGARUH STATUS GIZI DAN INTELEGENSI ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI UPT SPF SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) SULISTIAWATISulistiawati, 2023. Pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar yang dibimbing oleh Muh. Khaedar dan Cayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi dan intelegensi anak terhadap hasil belajar siswa kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertempat di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIC yang dipilih secara undian atau lotre dengan jumlah keseluruhan sampel yaitu 30 siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Adapun teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data pengambilan sampel menggunakan observasi, angket, dengan analisis menggunakan SPSS 27.0. Hasil deskriptif Status Gizi dalam kategori Gizi Baik dengan Frekuensi 20, Intelegensi Anak dengan skor 78.00 berada di interval 61-80 atau dalam kategori baik sedangkan Hasil Belajar berada skor 77.70 di interval 61-80 atau dalam kategori baik. Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar dengan nilai sig 0,033 < 0,05 pada Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Status Gizi dan Intelegensi Anak berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota MakassarItem PENGARUH PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES LAWALLU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU(Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) ISPA SALEMPANGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Berbasis Karakter Terhadap Prestasi Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang, 10 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik mengalami pengaruh yang signifikan terhadap pendidikan berbasis karakter yang ditandai dengan diperoleh dari dua kali tes yaitu pretest yang didapatkan dengan rata-rata 71,80 sedangkan nilai postest yang di dapatkan dengan rata-rata 81.40, maka nilai tersebut sudah mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil diperoleh di simpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar tematik peserta didik kelas V di SD Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.Item PENGARUH PEMBELAJARAN HOME VISIT METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) IMMATujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Home Visit Method terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata pretest adalah 51,15 dan nilai rata-rata posttest adalah 82,50. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil homogenitas 0,713 > 0,05 (homogen), hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kreteria sig (0,000) < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Home Visit method terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V di SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.Item PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 188 TANRONGI KABUPATEN WAJO(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) NURWINDAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental bentuk one group pretest posstest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada penelitian ini kelas V sebagai kelas eksperimen akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis pada data posttest tersebut diperoleh hasil analisis data independent sampel test sig. (2.Tailed) nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tariff signifikansi 0,05 yang berarti bahwa ada hasil belajar dengan demikan H1 diterima melalui penggunaan media video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Tanrongi Kabupaten Wajo.Item PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(2025-08-06) Nur Indah SariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatstApp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar sebanyak 22 siswa di antaranya 14 laki-laki, dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar terdapat pengaruh dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan memanfaatakn media sosial WhatsApp terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar