S1 Elementary School Teacher Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30
Browse
3 results
Search Results
Item FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) ETRIANIPenelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana di kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA materi gaya dan pesawat sederhana di kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian di jln. Amd Tamangapa Raya IV/13, bangkala, Kec. Manggala Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisi data Interaktif Analisis Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kesulitan dalam belajar IPA yaitu kesulitan memahami materi soal. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal, kondisi tubuh dan mental, kecerdasan siswa, sikap siswa dalam pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, motivasi siswa terhadap pembelajaran, dan kebiasaan saat belajar. Faktor eksternal diantaranya, tingkat perhatian orang tua. Untuk memecahkan masalah pada siswa yang berkesulitan belajar IPA yang berasal dari dalam siswa di lakukan dengan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar yang dilakukan dengan remedial teaching sedangkan kesulitan yang berasal dari luar dari siswa perlu dilakukan seperti melengkapi saranan dan prasarana.Item PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 188 TANRONGI KABUPATEN WAJO(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) NURWINDAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental bentuk one group pretest posstest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada penelitian ini kelas V sebagai kelas eksperimen akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis pada data posttest tersebut diperoleh hasil analisis data independent sampel test sig. (2.Tailed) nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tariff signifikansi 0,05 yang berarti bahwa ada hasil belajar dengan demikan H1 diterima melalui penggunaan media video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Tanrongi Kabupaten Wajo.Item PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(2025-08-06) Nur Indah SariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatstApp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar sebanyak 22 siswa di antaranya 14 laki-laki, dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar terdapat pengaruh dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan memanfaatakn media sosial WhatsApp terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar