S1 Elementary School Teacher Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/30

Browse

Search Results

Now showing 1 - 3 of 3
  • Item
    PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS II SD INPRES LAPPATEMMU KABUPATEN BARRU
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-09) NURHAEDA
    Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui media kartu kata bergambar dengan strategi Pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas II SD Inpres Lappatemmu Kabupaten Barru. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas II SD Inpres Lappatemmu Kabupaten Barru yang berjumlah 17 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik analaisis data hasil angket, analisis data aktivitas guru dan analisis data aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I minat belajar siswa melalui media kartu kata dengan strategi Inkuiri diperoleh nilai angket rata-rata 41,17% berada pada kategori berminat dan pada siklus II menjadi 76,47% dengan kategori sangat berminat sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu kata bergambar dengan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD Inpres Lappatemmu Kabupaten Barru.
  • Item
    PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI SD INPRES SARROANGIN KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) RUSNAWATI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat belajar di masa pandemi SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Penelitian ini digolongkan kedalam jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Sampel pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Inpres Sarroangin yang terdiri dari 35 siswa. Jumlah keseluruhan sampel yang digunakan yaitu 35 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, dengan nilai rata-rata tingkat pendidikan orang tua (ayah) 52,86 berada pada kategori SMP berjumlah 9 orang dan ibu 65,14 berada pada kategori SMA berjumlah 10 orang, kedisiplinan siswa dengan nilai rata-rata 46,3143 berada pada kategori cukup disiplin, dan nilai rata-rata minat belajar 46,8571 berada pada kategori cukup berminat. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas tingkat pendidikan orang tua, kedisiplinan siswa dan minat belajar 0,634 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas tingkat pendidikan orang tua 0,065 dan kedisiplinan siswa adalah 0,018 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,225 > 0,05 (linear) berdasarkan hasil data tersebut maka terdapat hubungan yang linear tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar di masa pandemi SD Inpres Sarroangin Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa
  • Item
    PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR MURID SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) YULISTA GIOVANI SULO
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh murid kelas III, IV, dan V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 101 murid. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 21 murid, yang diperoleh dengan teknik simple randong sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analasis statistic inferensial, nilai rata-rata lingkungan sekolah adalah 73 berada pada kategori cukup. . Hasil perhitungan angket minat belajar siswa mayoritas siswa mengisi angket dengan presentase jawaban diatas 70. Angket minat belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata angket berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,399 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji linearitas adalah 0,805. Hasil uji hipotesis menunjukkkan nilai sig 0,004, dengan kriteria sig (0,004 < (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar murid SD Negeri Kassi Kota Makassar.