THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO IN TEACHING SPEAKING OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ AT SMP NEGERI 17 MAKASSAR
No Thumbnail Available
Date
2025-08-14
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan Megarezky
Abstract
Perkembangan teknologi pun berkembang pesat. Perkembangannya sudah hampir
sektoral, ekonomi, politik dan pendidikan sudah menerapkan teknologi. salah
satunya penggunaan video. Video dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi
rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp group terhadap kemampuan
menulis teks naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini
menggunakan jenis kuantitatif metode eksperimen terdapat dua kelas yaitu kelas
experiment menggunakan Video dan kelas control yang tidak menggunakan
Video. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 32 siswa
untuk kelas experiment dan 32 siswa untuk kelas control. Teknik pengumpula
data dalam Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test untuk
mengumpulkan data dengan diberikan teks untuk menulis, Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pada post-test kelas eksperimen memiliki nilai mean 74,69
dan post-test kelas kontrol memiliki nilai mean 72,66. Hasil data yang dianalisis
dengan menggunkan independent sample t-test, menunjukan bahwa Sig.(2-tailed)
adalah 0.000 lebih rendah dari 0.05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan
hipotesis nol (H0) ditolak sehingga terdapat pengaruh penggunaan video dalam
pengajaran berbicara untuk siswa setelah menggunakan video. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video efektif dalam meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 17 Makassar
Description
Keywords
Video, Pengajaran Berbicara