PENINGKATAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MODEL MULTILITERASI PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NASIONAL MAKASSAR
No Thumbnail Available
Date
2025-08-16
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi
kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar, melalui model pembelajaran
multiliterasi, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian
siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar sebanyak 32 orang siswa terdiri
dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang diperoleh dengan
menggunakan lembar observasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan
ganda. Aspek yang diobservasi adalah siswa dalam mengikuti penerapan model
pembelajaran multiliterasi selama proses pembelajaran tes hasil belajar dilakukan
setiap akhir siklus I dan siklus II, setelah mengikuti proses belajar mengajar
analisis data dilakukan dengan menggunakan skor yang berdasarkan penilaian
acuan.
Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
setelah dilakukan tindakan berupa model pembelajaran Model Multiliterasi pada
siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar pada siklus I 76,56 dan siklus II
rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,34. Kesimpulan penelitian ini
adalah penerapan Model Multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi
SMA Nasional Makassar
Description
Keywords
Hasil Belajar, Model Multiliterasi.