PENINGKATAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MODEL MULTILITERASI PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NASIONAL MAKASSAR

No Thumbnail Available

Date

2025-08-16

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar, melalui model pembelajaran multiliterasi, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar sebanyak 32 orang siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Aspek yang diobservasi adalah siswa dalam mengikuti penerapan model pembelajaran multiliterasi selama proses pembelajaran tes hasil belajar dilakukan setiap akhir siklus I dan siklus II, setelah mengikuti proses belajar mengajar analisis data dilakukan dengan menggunakan skor yang berdasarkan penilaian acuan. Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan berupa model pembelajaran Model Multiliterasi pada siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar pada siklus I 76,56 dan siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,34. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi SMA Nasional Makassar

Description

Keywords

Hasil Belajar, Model Multiliterasi.

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By