TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DI PUSKESMAS BANGKALA KOTA MAKASSAR

No Thumbnail Available

Date

2025-04-23

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR

Abstract

Komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) merupakan proses penyampaian informasi antara apoteker kepada pasien atau keluarga pasien dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, sehingga pasien atau keluarga pasien memperoleh keyakinan dan kemampuan dalam penggunaan obat yang benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) pasien rawat jalan di instalasi farmasi di p uskesmas bangkala kota makassar. Oleh karena itu pengukuran kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik sangat bermanfaat dalam memonitoring dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya untuk meningkatkan pelayanan farmasi. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) di puskesmas bangkala kota makassar diperoleh skor rata-rata dengan kategori sangat puas. Dimensi komunikasi memiliki tingkat kepuasan tertinggi (86,13%), dimensi informasi memiliki tingkat kepuasan tertinggi (82,22%), dan dimensi edukasi memiliki tingkat kepuasan tertinggi (84,80%). Memperoleh nilai rata-rata 90% (sangat puas)

Description

Keywords

Pation satisfaction, IEC services

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By