PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES NO 173 SIDENRE KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
No Thumbnail Available
Date
2025-08-05
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan Megarezky
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan
Menggunakan Model Time Token.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom) Action
Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre
dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah observasi, tes, Angket dan dokumentasi.
Paparan data hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori
cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 73% dengan nilai rata-rata 78,67 atau
11 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa
adalah 87% dengan nilai rata-rata 85 atau 13 siswa yang tuntas hingga mencapai
kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas
IV SD Inpres No 173 Sidenre melalui model pembelajaran Time Token.
Description
Keywords
Motivasi Belajar, Model Time Token