IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH MIND MAPPING OF EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 03 WAESAMA
No Thumbnail Available
Date
2025-08-06
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan Megarezky
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosa kata siswa
dengan menggunakan teknik Mind Mapping di kelas VIII di SMPN 03
WAESAMA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dan setiap siklus memiliki
empat kali pertemuan. Penelitian pada tiap siklus terdiri dari empat Langkah;
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini
menggunakan kuantitatif (tes) sebagai data utama dan kualitatif (ceklis observasi
dan catatan lapangan) sebagai data pendukung. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 24 siswa di kelas VIII SMPN 03 WAESAMA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mind Mapping berhasil
meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-
rata siswa kelas VIII. Nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 72,75 yang
dikategorikan baik dan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 82,37yang
dikategorikan sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada
siklus 2 lebih baik dari siklus 1. Persentase siswa yang memenuhi kriteria
ketuntasan juga meningkat. Pada siklus 1, terdapat 14 siswa (67%) yang
memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada siklus 2, terdapat 24 siswa
100%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Maka dari itu, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dan kemampuan dalam peningkatan kosa kata
Description
Keywords
ind Mapping, kemampuan meningkatkan kosa kata, hasil belaja