Undergraduate Theses

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/17

Browse

Search Results

Now showing 1 - 9 of 9
  • Item
    PENGARUH EDUKASI BERBASIS VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR KB METODE SUNTIK 3 BULAN DI PUSKESMAS SUDIANG RAYA MAKASSAR TAHUN 2025
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-21) ADINDA NUR FADILAH AHMAD
    Latar Belakang: Kontrasepsi suntik 3 bulan merupakan salah satu metode keluarga berencana (KB) yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, penurunan jumlah akseptor di Puskesmas Sudiang Raya Makassar pada tahun 2024 menunjukkan adanya tantangan, salah satunya adalah rendahnya pengetahuan ibu tentang metode ini dan efek sampingnya. Media edukasi berbasis video diyakini mampu meningkatkan pemahaman secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video terhadap tingkat pengetahuan akseptor KB metode suntik 3 bulan di Puskesmas Sudiang Raya Makassar Tahun 2025. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 46 orang yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan 20 item pernyataan benar–salah. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini sebelum intervensi, sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang (54,3%), dan hanya 8,7% dengan pengetahuan baik. Setelah edukasi video, 93,5% responden berada pada kategori pengetahuan baik. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi p = 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari edukasi berbasis video terhadap peningkatan pengetahuan akseptor KB suntik 3 bulan.
  • Item
    PENGARUH EDUKASI BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU TENTANG TEKNIK MENYUSUI PADA IBU POSTPARTUM DI RSUD PIRU
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-21) ARVELLIA SIWALETTE
    Latar Belakang : ASI (Air Susu Ibu) merupakan “nutrisi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, cakupan ASI eksklusif di Indonesia masih rendah, termasuk di Kabupaten Seram Bagian Barat. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keberhasilan menyusui adalah kurangnya pengetahuan ibu tentang teknik menyusui yang benar. Edukasi dengan media video animasi menjadi salah satu metode efektif dalam meningkatkan pemahaman ibu postpartum. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video animasi terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang teknik menyusui pada ibu postpartum di RSUD Piru. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu postpartum yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan teknik menyusui yang diukur sebelum dan sesudah intervensi, Data dianalisis dengan uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian : berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan setelah diberikan edukasi menggunakan video animasi tentang teknik menyusui. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikan 0,000 (p<0,05) H0 ditolak Ha diterima, Kesimpulan: sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh edukasi berbasis video animasi terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang teknik menyusui pada ibu postpartum di RSUD Piru.
  • Item
    PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN BAHASA LOKAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR DALAM MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS SIBULUE TAHUN 2024
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-15) IRMA SAFITRI
    Irma Safitri A1A222017 “Pengaruh pemberian edukasi berbasis media audiovisual dengan bahasa lokal terhadap peningkatan pengetahuan WUS dalam menggunakan alat kontrasepsi implan di wilayah kerja UPT Puskesmas Sibulue tahun 2024.” Yang dibimbing oleh Ani T Prianti dan Ns. Syaiful (V Bab + 75 Halaman + 11 Tabel + 12 Lampiran). Media audiovisual memiliki daya tarik dan tidak membuat bosan. Dengan media audiovisual audiens dapat mendengar, melihat, mengamati sesuatu serta dapat memvisualisasikan apa yang ada didalam pikiran audiens. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi berbasis media audiovisual dengan bahasa lokal terhadap peningkatan pengetahuan WUS dalam menggunakan alat kontrasepsi implan di wilayah kerja UPT Puskesmas Sibulue tahun 2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, desain penelitian Pre eksperiment (pre-post test design one group) dan sampel penelitian 50 WUS. Hasil penelitian diperoleh rerata skor pengetahuan WUS setelah dilakukan intervensi edukasi berbasis media audiovisual dengan bahasa lokal dari 5.19 menjadi 7.22, dengan SD dari 1.925 menjadi 1.807. Nilai minimal dari 2 menjadi 3, sedangkan nilai maksimal dari 9 menjadi 10. Diyakini bahwa 95% rata-rata pengetahuan WUS dari rentang 4.54 sampai 5.85 menjadi 6.61 sampai 7.83. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh pemberian edukasi berbasis media audiovisual dengan bahasa local terhadap peningkatan pengetahuan WUS dalam menggunakan alat kontrasepsi implan di wilayah kerja UPT Puskesmas Sibulue tahun 2024 dengan nilai uji chi square signifikansi yaitu 0,001 < 0,05
  • Item
    PENGARUH EDUKASI NUTRISI BERBASIS VIDEO TERHADAP KADAR HB WANITA PRAKONSEPSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANRALILI MAROS TAHUN 2024
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-15) RIFKAWATI AMAHORU
    Nutrisi prakonsepsi merupakan persiapan untuk melahirkan generasi lebih baik. Kecukupan gizi pada calon ibu dapat menurunkan kadar hemoglobin serta memutus mata rantai masalah kekurangan nutrisi pada kehamilan nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Nutrisi Berbasis Video terhadap kadar Hb wanita prakonsepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Tanralili Maros Tahun 2024. Jenis penelitian dengan pendekatan one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan cara kelompok subjek diobservasi sebelum dilakukan intervensi dan sesudah dilakukan intervensi. 30 responden di periksa kadar hb sebelum diberikan edukasi nutrisi berbasis video dan dilakukan pengukuran kadar Hb setelah di berikan edukasi nutrisi berbasis video. Setelah itu dilakukan pemantauan kadar Hb dengan uji statistic menggunakan Uji Paired T-Test. Dari hasil penelitian, setelah dilakukan uji statistic menggunakan Uji Paired T-Test diperoleh nilai p=0.000 <  = 0.05, maka H di tolak dan H diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat Pengaruh edukasi nutrisi berbasis video terhadap kadar Hb wanita prakonsepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Tanralili Maros Tahun 2024. Sebagai sarana untuk wanita prakonsepsi yang mengalami peningkatan kadar Hb dapat menerima edukasi nutrisi berbasis video untuk peningkatan kadar Hb menjadi norma
  • Item
    PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA LEAFLET DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN CATIN TENTANG PERAN ASAM FOLAT DALAM KESEHATAN PRAKONSEPSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HALONG
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) TIFANY HATULELY
    Asam folat adalah salah satu vitamin, termasuk dalam kelompok vitamin B, merupakan salah satu unsur penting dalam sintesis DNA (deoxyribo nucleic acid). sintetis dari vitamin B9 yang diperlukan wanita sebelum hamil untuk membantu pertumbuhan janin dan melindungi sel tubuh, Asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Pada wanita, asam folat diketahui dapat memelihara Kesehatan dan fungsi indung telur (ovarium), mendukung proses pembuahan dan pembentukan bakal janin, serta menjaga Kesehatan kandungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Efektifitas Edukasi Menggunakan Media Video Dan Media Leaflet Dalam Meningkatkan Pengetahuan Catin Tentang Peran Asam Folat Dalam Kesehatan Prakonsepsi di Wilayah kerja Puskesmas Halong. Jenis penelitian menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group-Pretest Post Test. Kegiatan ini dilaksanakan pada Calon Pengantin (Catin) yang akan memasuki tahap perkawinan dan mempersiapkan diri untuk persiapan Kehamilan di Puskesmas Halong, Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukan Terdapat perbandingan edukasi dengan media video dan media leaflet ,dimana dari kedua intervensi tersebut lebih cepat mengalami peningkatan pengetahuan pada catin tentang peran asam folat dalam Kesehatan prakonsepsi adalah dengan melakukan intervensi dengan media video.
  • Item
    PENGARUH EDUKASI MENSTRUASI HYGIENE BERBASIS BOOKLET TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE SELAMA MENSTRUASI PADA REMAJA DI SMAN 12 MAKASSAR TAHUN 2024
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) ERTIN SARTIKA MATKUSA
    Remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke dewasa, pada masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan pesat baik fisik, psikologis maupun intelektua. Salah satu masalah yang sering muncul pada remaja saat menstruasi yaitu gatal pada bagian vulva yang disebabnya karena kurangnya pengetahuan dan informasi tentang personal hygiene pada saat menstruasi. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan booklet terhadap personal hygiene selama menstruasi pada remaja SMAN 12 Makassar. Metode penelitian Quasi experiment, dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest, jenis penelitian kuantitatif, populasi berjumlah 424 orang. Pada penelitian ini sampel yang digunakan menggunakan pendekatan slovin dengan menggunakan margin error 10% sehingga sampel yang diambil sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan data dengan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini mengguunakan uji Wilcoxson, menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian edukasi menggunakan booklet terhadap personal hygiene selama menstruasi pada remaja SMAN 12 Makassar dengan hasil p=0,000<0,05. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu diarapkan responden dapat menerapkan ilmu yang telah didapat melalui edukasi yang diberikan, sehingga dapat mencegah maslah- masalah kesehatan khususnya mengenai kebersihan badan.
  • Item
    PENGARUH EDUKASI BERBASIS LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBUATAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU DI PUSKESMAS ANTANG PERUMNAS TAHUN 2024
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) YEMINCE WENDA
    Latar Belakang : Makanan pendamping ASI (MPASI) adalah makanan padat yang mengandung nutrien lengkap yang diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan disamping ASI eksklusif untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal dibutuhkan gizi yang seimbang. Pada bayi dan anak, kekurangan gizi akan menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang apabila tidak diatasi secara dini akan berlanjut hingga dewasa. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi berbasis leaflet terhadap pengetahuan ibu tentang pembuatan MP-ASI di puskesmas antang perumnas tahun 2024.Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (quasiexperimental) dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah bayi yang mengalami gizi kurang dari bulan Agustus-Oktober 2023. Pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.Hasil : Didapatkan hasil uji statistik Wilcoxon didapatkan p-value=0,000 dimana nilai ini <0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh edukasi berbasis leaflet terhadap pengetahuan ibu tentang pembuatan MPASI di Puskesmas Antang Perumnas.
  • Item
    PENGARUH EDUKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN INTEGRATING CARD CEGAH STUNTING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH UPT PUSKESMAS BONTONOMPO II KABUPATEN GOWA
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-30) FARIATY
    Latar Belakang : Gizi ibu yang kurang atau buruk pada waktu konsepsi atau hamil muda dapat menyebabkan kematian atau cacat janin, hingga kekurangan zat tertentu yang sangat dibutuhkan. Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Kesehatan menggunakan Integrating Card cegah stunting terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam pencegahan stunting di wilayah UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa. Metode Penelitian : Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian desain Pre-experimental design. Jenis penelitian ini menggunakan one group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 ibu hamil di UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa. Hasil : Rerata skor pengetahuan sebelum diberikan edukasi menggunakan Integrating Card tingkat pengetahuan kategori cukup yaitu 5,77 dan sesudah tingkat pengetahuan kategori baik yaitu 8,4. Didapatkan rerata skor sikap sebelum edukasi menggunakan Integrating Card bersikap negatif yaitu 28,63 dan sesudah edukasi menggunakan Integrating Card bersikap positif 37,70.Didapatkan nilai p value = 0,000 ≤ 0,05 dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95%, Kesimpulan : Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test diperoleh p value = 0,000 ≤ α = 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh peningkatan yang signifikan pengetahuan dan sikap sebelum diberi pendidikan kesehatan dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan integrating card cegah stunting terhadap Pencegahan Stunting di wilayah UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa.
  • Item
    PENGARUH EDUKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN INTEGRATING CARD CEGAH STUNTING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH UPT PUSKESMAS BONTONOMPO II KABUPATEN GOWA
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-30) FARIATY
    Latar Belakang : Gizi ibu yang kurang atau buruk pada waktu konsepsi atau hamil muda dapat menyebabkan kematian atau cacat janin, hingga kekurangan zat tertentu yang sangat dibutuhkan. Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Kesehatan menggunakan Integrating Card cegah stunting terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam pencegahan stunting di wilayah UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa. Metode Penelitian : Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian desain Pre-experimental design. Jenis penelitian ini menggunakan one group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 ibu hamil di UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa. Hasil : Rerata skor pengetahuan sebelum diberikan edukasi menggunakan Integrating Card tingkat pengetahuan kategori cukup yaitu 5,77 dan sesudah tingkat pengetahuan kategori baik yaitu 8,4. Didapatkan rerata skor sikap sebelum edukasi menggunakan Integrating Card bersikap negatif yaitu 28,63 dan sesudah edukasi menggunakan Integrating Card bersikap positif 37,70.Didapatkan nilai p value = 0,000 ≤ 0,05 dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95%, Kesimpulan : Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test diperoleh p value = 0,000 ≤ α = 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh peningkatan yang signifikan pengetahuan dan sikap sebelum diberi pendidikan kesehatan dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan integrating card cegah stunting terhadap Pencegahan Stunting di wilayah UPT Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa.