Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/34
Browse
Item POLA ADAPTASI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 19 KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) ETRIA TIKA TINURPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual masa pandemi covid-19 2) pola adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual masa pandemi covid-19 3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualtatif. Subjek penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru-guru yang berjumlahkan 3 orang, siswa yang ber jumlahkan 3 orang dan orang tua murid yang berjumlahkan 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses adaptasi sosial guru pada masa pandemi covid-19, ada beberapa proses yang dilalui oleh guru siswa orangtua siswa dan kepalah sekolah diantaranya pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 19 kota Makassar pada masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran secara virtual, yang sudah dilaksanakan dari pertengahan bulan maret (17 Maret 2020) hingga saat ini. Pembelajaran secara virtual ini dil aksanakan sesuai anjuran dari pemerintah, guna memutus rantai penyebaran covid-19. Aplikasi yang digunakan selama proses pembelajaran secara virtual diantaranya,WhatsApp, Zoom, dan Classroom. 2) pola adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual masa pandemi covid-19, pola yang terbentuk yaitu menghar gai waktu,menunbuhkan sikap disiplin, dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pola adaptasi sosial guru pada pem belajaran virtual masa pandemi covid-19 diantaranya yaitu faktor pendukung ada lah sekolah memfasilitasi wifi untuk guru-guru selama berada di sekolah, faktor pendukung yang tidak kalah pentinnya yaitu jaringan dan kouta internet gratis kepada siswa. Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran secara vir tual yaitu terkendala dalam jaringan, kouta internet dan Handpone. Faktor peng hambat lainya yaitu antusias dari siswa dalam mengikuti pembelajaran secara vir tual kurang dikarenakan jaringan dan kuota internet yang kurang mendukung.