Undergraduate Theses

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/34

Browse

Search Results

Now showing 1 - 1 of 1
  • Item
    PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 19 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) SALVINUS ASMAN
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang didapatkan bahwa metode pembelajaran guru sosiologi dapat membentuk sikap disiplin belajar siswa adalah metode penugasan, metode memberi tahu atau ceramah, membiasakan kerapian, penilaian, memberikan teladan dan contoh, memberikan motivasi, dan dengan memberikan teguran dengan cara yang baik. Factor pendukung dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar yaitu kerja sama semua warga sekolah yang baik, kerja sama guru dengan orang tua siswa, program kegiatan sekolah yang mendukung. Sementara factor penghambat guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Makassar, yakni keterbatasan waktu peran guru sekaligus orang tua, pengawasan guru dan siswa terbatas, lingkungan pergaulan, dan pemanfaatan teknologi yang kurang baik