Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/34
Browse
2 results
Search Results
Item PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 13 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) MONIKA WATTIMENAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dan faktor pendukung dan penghambat di SMA Negeri 13 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis dekskriptif dengan informan guru sosiologi, kepala sekolah atau mewakili dan siswa IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Peran guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran di SMA Negeri 13 Makassar tidak hanya sekedar guru menyampaikan materi kepada siswa, namun juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam materi. Guru menggunakan metode, media referensi pembelajaran yang variatif. Karakter yang ditanamkan pada diri siswa melalui pembelajaran sosiologi adalah kreatif, rasa ingin tahu, demokrasi, bersahabat, toleransi, peduli sosial, cinta damai, dan disiplin. Pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dalam setiap mata pelajaran yang artinya melibatkan guru dalam pelaksanaan. Oleh Karen itu guru sosiologi mempunyai peran dalam pelaksanaan tersebut. Ada lima hal yang dilakukan guru sosiologi yaitu menyelipkan pesan-pesan moral pada pembelajaran yang dikaitkan dengan materi pembelajaran, mengaitkan materi dengan fenomena sosial yang ada dimasyarakat, menerapkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa empati, dan tanggung jawab. 2) Hal-hal yang menjadi pendukung terlaksananya pendidikan karakter dengan baik adalah lengkapnya fasilitas sekolah, adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat sekitar sekolah dan kemajuan teknologi. Hal hal yang menjadi penghambat adalah pengaruh negatif covid-19 dan perkembangan IPTEK.Item PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 19 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) SALVINUS ASMANTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang didapatkan bahwa metode pembelajaran guru sosiologi dapat membentuk sikap disiplin belajar siswa adalah metode penugasan, metode memberi tahu atau ceramah, membiasakan kerapian, penilaian, memberikan teladan dan contoh, memberikan motivasi, dan dengan memberikan teguran dengan cara yang baik. Factor pendukung dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar yaitu kerja sama semua warga sekolah yang baik, kerja sama guru dengan orang tua siswa, program kegiatan sekolah yang mendukung. Sementara factor penghambat guru sosiologi dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Makassar, yakni keterbatasan waktu peran guru sekaligus orang tua, pengawasan guru dan siswa terbatas, lingkungan pergaulan, dan pemanfaatan teknologi yang kurang baik