Faculty of Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5

Browse

Search Results

Now showing 1 - 7 of 7
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 19 MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) YOHANES BABTISTA MUDIN
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi, melalui gaya mengajar inkuiri passing dalam pembelajaran passing pada permainan sepak bola SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakaan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II yang dirancangkan penelitian ini adalah kemampuan dasar passing kaki bagian dalam sebagai data (psikomotor) dan nilai soal-soal latihan sebagai nilai pengetahuan (kognitif). Pengamatan sebagai data sikap (afektif). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 19 Makassar yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data hasil belajar passing kaki bagian dalam dengan menggunakan lembar penilaian isian pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing kaki bagian dalam menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 15 siswa dengan persentase 50%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 30 siswa dengan persentase 100%. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan : bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui gaya mengajar inkuiri passing dapat meningkatkan hasil belajar passing pada siswa kelas IX F SMP Negeri 19 Makassar.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) ALMUSAWWIR AMIR
    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan kaki bagian Dalam pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI Mipa 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang yang berjumlah 34 siswa dimana siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Dari analisa data yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siklus I kategori tuntas adalah 61% jumlah siwa yang tuntas yaitu 16 orang pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah 100% dengan jumlah siswa 34 orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 BANGKALA BARAT
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) MUH ZAENAL
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian dengan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat. Hasil data yang diperoleh dari data siklus I 71,8 dan persentase ketuntasan belajar siswa 50% dengan jumlah ketuntasan belajar 10 siswa, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,4 dengan persentase belajar 90.0% dengan jumlah ketuntasan 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement division (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 JENEPONTO
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) MUHAMMAD FAJAR
    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto Yang Berjumlah 23 Siswa Dimana Siswa Laki – laki 10 Orang Dan Siswa Perempuan 13 Orang . Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi, dan Observasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Dari Analisa Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 61% Jumlah Siwa Yang Tuntas Yaitu 14 Orang Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Persentase Hasil Belajar Passing Dalam Kategori Tuntas Adalah 100% Dengan Jumlah Siswa 23 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
  • Item
    PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM BERMAIN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI DRILLS PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 BISSAPPU
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-06) NIKITA
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan modifikasi drills dalam Meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola melalui modifikasi drills Pada Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan sebanayak tiga kali pertemuan pada siklus I, dan 2 kali pertemuan di siklus II yang direncang melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data peningkatan hasil belajar chest pass. Sumber data peneliti ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan lembar penilaian,kognitif, afektif, psikomotor. pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil kuantitatif data meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 22 siswa dengan presentase 68,75%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa dengan presentase 96,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui modifikasi drills pada permainan sepakbola dapat meningkatkan hasil belajar passing siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu.
  • Item
    PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM BERMAIN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI DRILLS PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 BISSAPPU
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-06) NIKITA
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan modifikasi drills dalam Meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola melalui modifikasi drills Pada Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan sebanayak tiga kali pertemuan pada siklus I, dan 2 kali pertemuan di siklus II yang direncang melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data peningkatan hasil belajar chest pass. Sumber data peneliti ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan lembar penilaian,kognitif, afektif, psikomotor. pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil kuantitatif data meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 22 siswa dengan presentase 68,75%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa dengan presentase 96,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui modifikasi drills pada permainan sepakbola dapat meningkatkan hasil belajar passing siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu.
  • Item
    HUBUNGAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 BARRU
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) ANDI MEGAWATI MAKKULAU
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara motor educability terhadap keterampilan teknik dasar bola basket. Metode penelitian ini adalah korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Barru tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Teknik yang digunakan adalah random sampling dengan penggunaan proforsi sampel yang ada sehingga setiap tingkat atau kelas dapat diwakili oleh jumlah yang sebanding dari populasi seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Barru. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel (1) variabel independent yakni motor educability (2) variabel dependen yakni hasil keterampilan teknik dasar bola basket. Penelitian ini menggunakan pendekatan one-shot model yaitu pedekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi data, maka didapatkan nilai sig(I-tailed) sebesar (0.000 < 0.05), yang berarti terdapat korelasi signifikan antara motor educability dan keterampilan teknik dasar bola basket. Besarnya hubungan antara motor educability dan keterampilan teknik dasar bola basket sebesar 1.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bahwa ada hubungan antara motor educability dan keterampilan teknik dasar bola basket pada siswa ekstrakurikuler SMK Negeri 1 Barru. Dengan demikian tingkat motor educability yang tinggi maka pemain bola basket dapat mempelajari teknik dasar tersebut menjadi efektif dan efesien.