S1 Sports Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/36
Browse
Item ANALISIS KEBUGARAN JASMANI SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI MTs MUHAMMADIYAH TONGKO KABUPATEN ENREKANG(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2024-12-23) NURSYAFITRIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Mts Tongko. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci Mts Tongko dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun yaitu: tes lari 50 meter, tes gantung angkat tubuh/gantung siku tekuk 60 detik, tes baring dududk 60 detik, tes loncat tegak, dan tes lari 1000/800 meter. Teknik analisis data data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science).Dari tabel kebugaran jasmani siswa Ekstrakurikuler pencak silat tapak susi MTs Muhammadiyah Tongko kabupaten Enrekang secara keseluruhan, dapat dijelaskan yaitu dari 15 siswa yang mendapatkan klasifikasi baik sekali sebanyak 0 siswa dengan persentase 0%, klasifikasi baik sebanyak 1 siswa dengan persentase 6,7%, klasifikasi sedang sebanyak 13 siswa dengan persentase 86,7%, klasifikasi kurang sebanyak 1 siswa dengan persentase 6,7%, klasifikasi kurang sekali sebanyak 0 siswa dengan persentase 0%. Makah dapat di simpulkan bahwa keseluruhan tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci MTs Muhammadiyah Tngko Kabupaten Enrekang dalam kategori “Sedang”Item HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 5 SATAP BIRINGBULU KAB. GOWA(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-01-02) SAHRUL MAMIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK terhadap hasil belajar PJOK Siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kabupaten Gowa yang terdiri dari jumlahnya 25 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 satap Biringbulu Kabupaten Gowa yang terdiri dari 25 siswa yang diperoleh dengan teknik Total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Angket dan Nilai Hasil belajar. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for Windows. Berdasarkan analisis deskriptif nilai rata-rata minat belajar PJOK adalah 93,88 sehingga Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK berada kategori baik, dan nilai rata-rata Hasil belajar nilai rata-rata 80,44 berada pada kategori sangat baik. Hasil uji normalitas minat belajar PJOK sebesar ,0,013 dan Hasil belajar PJOK sebesar ,0,147 Dengan merujuk pada kriteria normalitas data bahwa jika nilai signifikansi > α dengan taraf = 0,05 maka variabel minat belajar PJOK berdistribusi tidak normal dan variabel hasil belajar berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas adalah 2,251 > 0,005. (homogen), hasil uji hipotesis menunjukkan nilai R square 0,051 > 0.005. .Kesimpulan dalam Penelitian ini adalah terdapat hubungan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK ada Hubungan terhadap hasil belajar PJOK Siswa SMP 5 Satap Biringbulu Kabupaten Gowa.Item SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 8 JENEPONTO(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-01-02) SATRIANIVariabel dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan permainan bola voli. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Jeneponto dengan populasi sebanyak 20 siswa dan jumlah dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa yaitu 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.penelitian ini menggunakan instrument Tes Keterampilan Bola voli yaitu: tes passing atas, tes passing bawah, tes servis atas, tes servis bawah, tes smash, dan tes blok/bendungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti tes keterampilan dasar bola voli, sebanyak 9 siswa yang berkategori sedang sebesar (45%), sebanyak 5 siswa atau sebesar (25%) termasuk kategori tinggi, sebanyak 3 siswa atau sebesar (15%) yang berkategori rendah, sebanyak 2 siswa atau (10%) yang berkategori sangat tinggi, sebanyak 1 siswa atau sebesar (5%) termasuk kategori sangat rendah. Maka dapat di simpulkan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 8 Jeneponto dalam kategori “sedang” sebanyak 9 siswa atau dengan persentase (45%).Item SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 2 GALESONG SELATAN(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) NURWAHIDAPenelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan berjumlah 42 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitatif deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani pada siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan keseluruhan siswa laki-laki kelas dapat di jelaskan yaitu dari 42 siswa laki-laki yang mendapatkan klasifikasi sangat baik sebanyak 0 siswa dengan persentase 0 %, klasifikasi baik sebanyak 3 siswa dengan persentase 7,1 %, klasifikasi sedang sebanyak 23 siswa dengan persentase sebanyak 54,8 %. Klasifikasi kurang sebanyak 15 siswa dengan persentase sebanyak 35,7 %, klasifikasi sangat kurang sebanyak 1 siswa dengan persentase sebanyak 2,4 %.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TORAJA UTARA(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) ELWIN PRATAMAItem SURVEI TINGKAT KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN PETANQUE PADA SISWA SMP 25 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) UMMAYA SYAHIDA LETSOINTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan shooting dalam permainan petanque pada siswa SMP 25 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari 20 orang sampel. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran keterampilan shooting game dalam olahraga petanque. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan shooting dalam permainan petanque pada siswa SMP 25 Makassar Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Kemampuan Shooting Dalam Permainan Petanque Pada Siswa SMP 25 Makassar adalah diperoleh dari kategori “Sangat Baik” 0,0% sebanyak 0 siswa, kategori “Baik” 5,0% sebanyak 1 siswa, kategori “Cukup” 50,0% sebanyak 10 siswa, kategori “Kurang” 45,0% sebanyak 9 siswa, dan kategori “Kurang Sekali” 0,0% sebanyak 0 siswa. dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kemampuan shooting siswa SMP 25 Makassar berada pada kategori cukup.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTIN (ICI) SISWA KELAS XI SMA NEGERI KEBERBAKATAN OLAHRAGA MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) ASTIAR SETIAWANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan sepak bola dengan menggunakan model pembelajaran interactive conceptual instruction (ICI) siswa kelas XI SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang setiap siklus terdiri dari atas 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Makassar berjumlah 26 siswa. Hasil belajar tehnik shooting siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Makassar pada siklus I nilai ketuntasan 80,77% sebanyak 21 siswa yang berada pada kategori tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan 100% sebanyak 26 siswa berada pada kategori tuntas sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran interactive conceptual instruction (ICI) dapat meningkatkan hasil shooting dalam permainan sepak bola siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Makassar pada Pelajaran Pendidikan jasmani.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PASSING ATAS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 JENEPONTO(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-26) ILMANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran pada sis akelas XI IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ips SMA Negeri 8 Jeneponto yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, Dokumentasi, Dan Observasi. Hasil belajar bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 74.07% yakni berjumlah 20 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar bola voli pada siswa dalam kategori tuntus sebesar 100% dengan jumlah siswa yang tuntas yakni 27 orang. Peningkatan hasil belajar siswa dalam Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam Upaya meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siklus I ke siklus II Tercapai.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME GAME TURNAMENENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII DDI SMPN 8 BAUBAU(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-29) FAFA ALFAJRUNPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament pada siswa SMP Negeri 8 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana dalam penelitian ini terdiri dari satu siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang dimana pertemuan pertama dan kedua adalah kegiatan pembelajaran dan pada pertemuan ketiga dilakukan tes atau penilaian seperti kognitif, afektif dan psikomotor, untuk mengetahui hasil belajar siswa selama mengikuti Fafa alfajrun, 2024. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar passing dalam permainan Sepak Bola pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 8 Baubau yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada pembelajaran permainan sepak bola pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 8 Baubau. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan data awal dan siklus 1. Yang dimana data awal menunjukan dengan persentase ketuntasan 35% pada data awal dan persentase ketuntasan 92% pada siklus I.Item UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA VISUALPADA SISWA KELASIX SMPN 19 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-29) A.FARHUM SETIAWANPenelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan Teknik Dasar passing bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 19 Makassar yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, onservasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran passing bawahdapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawah Pada siswa kelas IX SMP Negeri 19 Makassar. Hasil data yang diperoleh dari hasil data siklus I siswa yang tuntas 37,5% dengan frekuensi 12 siswa, Kemudian meningkat pada siklus II dan siswa yang tuntas 93,75% dengan frekuensi 30 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas IX SMP Negeri 19 Makassar Tahun pelajaran 2019\2020.Item UPAYAMENINGKATKANHASILBELAJARSERVISATAS PADAPERMAINANBOLAVOLIDENGANMENGGUNAKAN METODEPARTANDWHOLEPADASISWAKELAS XIMASDDIBARU-BARUTANGAKAB. PANGKAJENEDANKEPULAUAN(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) RAHMATHIDAYATULLAHTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap upaya meningkatkan hasil belajar servis atas pada permainan bola voli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI MAS DDI Baru-Baru TangaKAB.PangkajeneDanKepulauan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa XI MAS DDI Baru-Baru Tanga tahun pelajaran 2024/2025, sebanyak 38 siswa, dengan rincian siswa 20 siswa putri dan 18 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakanpenilaianlembarobservasiberupadokumendanfoto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran penjaskes khususnya Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Pada Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Metode Part And Whole Pada Siswa Kelas XI MAS DDI Baru-Baru Tanga meningkat. Dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I yang tuntas 26 siswa dengan persentase 68%. Pada siklus II yang tuntas 33 siswa dengan persentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa kemampuan siswa dalam melakukan servis atas dalam permaianan bola voli menggunakan metode part and whole meningkat dari siklus IkesiklusIIyaitusebesar7siswadenganpersentase19%.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE SASARAN PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 28 PULAU BARRANG LOMPO KOTA MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) M.ADNAN GANDHY.NPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola di SMP Negeri 28 Pulau Barang lompo, Makassar. Hasil belajar passing kaki bagian dalam melalui metode sasaran. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dengan mengunakan siklus I dan siklus II dengan empat tahapan yang dilalui, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Pada siklus I nilai yang di peroleh belum mencapai ketuntasan hasil belajar hanya 37% siswa yang tuntas. Dan pada siklus II 94% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui metode sasaran kelas VII A SMP Negeri 28 Pulau Barrang Lompo Kota Makassar dinyatakan berhasil.Item MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND TENIS MEJA MELALUI PENERAPAN MEDIA VARIASI SASARAN PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 19 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) ARHAM LANDUNG. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand dengan menggunakan media variasi sasaran pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 19 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Hasil presentase jumlah siswa yang mencapai skor ≥79 atau memiliki kategori tuntas yaitu 17 siswa dengan persentase 62,9% pada siklus I, setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II presentase jumlah siswa yang mencapai kriteria dengan skor ≥79 atau memiliki kategori tuntas meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 88,8% yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan media variasi sasaran dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand tenis meja pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 19 MakassarItem UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS IX 1 SMP NEGERI 8 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) MIA HIDAYANIPenelitian ini bertujuan meningkatkan passing bawah sebagai data psikomotor, kognitif, dan afektif melalui metode Bola Berantai dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II melewati tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 36 siswa. Hasil belajar passing bawah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 21 orang dengan persentase 58,33%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 36 orang dengan persentase 100% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui metode bola berantai pada pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar.