S1 Sports Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/36

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 11
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TYPE MODELLING THE WAY PADA KELAS X MAs MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) JOHAN
    Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan passing atas siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah siswa melalui Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian bertempat di MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data awal sebelum penelitian hasil belajar passing bawah permainan bola voli siswa adalah 28% tuntas dari jumlah 5 siswa dan 72% tidak tuntas dari jumlah 13 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada pada siklus I yang tuntas itu 9 siswa dengan nilai persentase 50% sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan nilai persentase 50% dan siklus II yang tuntas itu 18 siswa dengan nilai persentase 100% sedangkan yang tidak tuntas itu 0 siswa dengan nilai persentase 0%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Sehingga penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) ALMUSAWWIR AMIR
    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan kaki bagian Dalam pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI Mipa 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang yang berjumlah 34 siswa dimana siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Dari analisa data yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siklus I kategori tuntas adalah 61% jumlah siwa yang tuntas yaitu 16 orang pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah 100% dengan jumlah siswa 34 orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
  • Item
    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ATLETIK LOMPAT JAUH DI SMK NEGERI 7 LUWU UTARA
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) SAKLIM PATENDOK
    Masalah yang sering diperoleh ketika memberikan hasil belajar atletik lompat jauh adalah masih ada beberapa siswa yang ketika melakukan awalan lompat jauh masih kurang memahami teknik dalam melakukan awalan lompat jauh, gerakan tumpuan dan sikap badan di udara begitupun ketika mendarat masih banyak siswa yang salah dalam melakukan gerakan. Hal inilah yang menjadi masalah kedepannya dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Model Pembelajaran Bermain Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Atletik Lompat Jauh di SMK Negeri 7 Luwu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26 siswa tidak tuntas dengan persentase 76,5% dan siswa tuntas sebanyak 8 dengan persentase 23,5%, dan pada siklus II ada peningkatan mutu model pembelajaran bermain atletik lompat jauh dimana semua siswa tuntas dalam bermain atletik lompat jauh dengan persentase 100%. Disarankan pada Guru Pendidikan Jasmani SMK Negeri 7 Luwu Utara untuk mempertimbangkan penggunaan atletik lompat jauh dengan materi yang disesuaikan karena hal ini dapat membangkitkan semangat belajar siswa.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW SISWA KELAS XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 TORAJA UTARA
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-09) KRISMAYANTI PALESE
    Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Sila Melalui Metode STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Pembelajaran Sepak Takraw Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Dibimbing oleh Muhammad Ilham Budi Utama dan Suhardianto. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak sila melalui metode STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan dua siklus yakni siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam pembelajaran sepak takraw siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi siklus I ke Siklus II, baik dari peningkatan nilai hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar (63%) dan pada siklus II (96%), sehingga peningkatan dari kondisi siklus I ke siklus II sebesar (33%)
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PUKULAN BACKHAND LOB OVERHEAD BULUTANGKIS DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX A MTS NEGERI 2 SINJAI
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-07) FIRMANSYAH
    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Dengan Metode Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai Kabupaten Sinjai. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai Yang Berjumlah 16 Siswa Dimana Siswa Laki-Laki 10 Orang Dan Siswa Perempuan 6 Orang. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi Dan Observasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Pada Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai. Dari Analisis Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 50 % Jumlah Siswa Yang Tuntas Yaitu 8 Orang, Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Presentase Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Dalam Kategori Tuntas Adalah 100 % Dengan Jumlah Siswa 16 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Bulutangkis Melalu Metode Pembelajaran Inquiry.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement division (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 JENEPONTO
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) MUHAMMAD FAJAR
    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto Yang Berjumlah 23 Siswa Dimana Siswa Laki – laki 10 Orang Dan Siswa Perempuan 13 Orang . Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi, dan Observasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Dari Analisa Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 61% Jumlah Siwa Yang Tuntas Yaitu 14 Orang Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Persentase Hasil Belajar Passing Dalam Kategori Tuntas Adalah 100% Dengan Jumlah Siswa 23 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
  • Item
    PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PENJAS DENGAN MENGUNAKAN METODE DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) AGUS SARKASI
    Agus Sarkasi. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Penjas Dengan Mengunakan Metode Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep. Adapun tujuan penelitian adalah Mengetahui bagaimana motivasi terhadap hasil belajar penjas dengan menggunakan metode daring. Penelitian ini menggunakan penelitian dekriftif kuantitatif Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai sebanyak 77 dengan jumlah sampel sebesar 22. Teknik pengumpulan data observasi dan kosioner. Dengan metode analisis data analisis statisti deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji korelasi. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar menggunakan metode daring berpengaruh posistif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Liukang kalmas Kabupaten Pangkep. Dapat dilihat dari hasi uji t variabel X (motivasi belajar dengan mengunakan metode daring) diperoleh nilai t hitung = 4.962 >2.073 = t tabel dan sig = 0.000 > 5% jadi Ho diterimah, ini berarti variabel motivasi belajar menggunakan metode daring secara statistik berpengaruh positif dan signifika
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BOLA VOLLY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X IPS MA ASSALAM TIMBUSENG TAKALAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) RIZAL RAHANGIAR
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan meningkatkan hasil belajar pembelajaran passing bawah dan passing atas permainan bola voli melalui model pembelajaran Koopertif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X IPS MA Assalam Timbuseng Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II dan dirancang melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil belajar passing bawah dan passing atas sebagai data psikomotor dan nilai soal-soal latihan sebagai nilai pengetahuan (kognitif).pengamatan sebagai data sikap (Afektif). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X ips MA Assalam Timbuseng Takalar yang bejumlah 17 siswa. Pengumpulan data kemampuan passing dengan menggunakan lembar penilaian teknik sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir. Data yang terkumpul di analisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing menunjukan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 12 orang dengan presentase 70,58% untuk passing bawah dan passing atas adalah 10 orang dengan presentase 58,82%. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II adalah 17 orang dengan presentase 100% untuk passing bawah dan passing atas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bola volly melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar passing siswa kelas X ips MA Assalam Timbuseng Takalar.
  • Item
    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND TENIS MEJA MELALUI PENERAPAN MEDIA VARIASI SASARAN PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 19 MAKASSAR
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) ARHAM LANDUNG
    . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand dengan menggunakan media variasi sasaran pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 19 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Hasil presentase jumlah siswa yang mencapai skor ≥79 atau memiliki kategori tuntas yaitu 17 siswa dengan persentase 62,9% pada siklus I, setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II presentase jumlah siswa yang mencapai kriteria dengan skor ≥79 atau memiliki kategori tuntas meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 88,8% yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan media variasi sasaran dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand tenis meja pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 19 Makassar
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS IX 1 SMP NEGERI 8 MAKASSAR
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) MIA HIDAYANI
    Penelitian ini bertujuan meningkatkan passing bawah sebagai data psikomotor, kognitif, dan afektif melalui metode Bola Berantai dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II melewati tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 36 siswa. Hasil belajar passing bawah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 21 orang dengan persentase 58,33%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 36 orang dengan persentase 100% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui metode bola berantai pada pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar.