D3 Pharmacy
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/25
Browse
2 results
Search Results
Item ANALISIS TINGKAT PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-12) LILI HASLIA NINGSILili Haslia Ningsi, 2019 “Analisis Tingkat Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien di Apotek” dibimbing oleh Safaruddin Amin dan Dini Ayu Ariastiwi B. Telah dilakukan penelitian analisis tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek X dan Apotek Y. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan metode Observasi. Metode pengambilan data ini dilakukan dengan memberikan kuesioner terhadap pasien yang berkunjung di Apotek. Penelitian ini dilakukan di Apotek di kota Makassar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan di Apotek X sebesar 92,25 % dan di Apotek Y sebesar 91 % yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi ketanggapan di Apotek X sebesar 92,11% dan di Apotek Y sebesar 92% yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi empati di Apotek X sebesar 95,84 % dan di Apotek Y sebesar 94,4% yang artinya pasien merasa sangat puas. Dimensi berwujud di Apotek X sebesar 95,8 % dan di Apotek Y sebesar 81,5 % yang artinya pasien merasa sangat puas. Sedangkan hasil dari uji Mann Whitney U Test didapatkan p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antar Apotek X dan apotek Y.Item PENGKAJIAN DATA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BBKPM) MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) AVIA ADRIANA LAIPENYWaktu tunggu pasien dapat didefinisikan sebagai jangka waktu sejak pasien menyerahkan resep ke instalasi farmasi rawat jalan sampai dengan waktu pasien menerima obat dan meninggalkan instalasi farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data waktu tunggu pelayanan bagi pasien rawat jalan di instalasi farmasi BBKPM Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif observatif. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengkajian Data Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar diperoleh 420 sampel resep pasien yang terdiri dari 132 resep racikan dan 288 resep non racikan dengan rata-rata waktu tunggu 34,57 menit untuk obat racikan dan 26,13 menit untuk obat non racikan. Resep pasien Umum sebanyak 21 resep dan pasien BPJS 399 resep dengan rata rata waktu tunggu 33,23 menit untuk pasien Umum dan 29,44 menit untuk pasien BPJS. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan untuk resep pasien dikatakan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal untuk indikator waktu tunggu yang ditetapkan PERMENKES No. 129/Menkes/SK/II/2008 yaitu, standar pelayanan obat non racikan ≤ 30 menit dan standar obat racikan ≤ 60 menit