Gambaran Penanganan Keluhan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2021

No Thumbnail Available

Date

2025-08-13

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Perpustakaan Megarezky

Abstract

Penanganan keluhan adalah sesuatu yang akan dilakukan oleh Penyedia layanan dalam hal ini Rumah Sakit dimana ketika pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat penaganan keluhan dalam pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar tahun 2021 Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang Gambaran Penanganan Keluhan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2021. dengan melakukan teknik wawancara mendalam serta observasi kepada informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penaganan keluhan di RSUD Kota Makassar cukup baik hal ini dilihat dari sarana dan prasana yang disediakan serta dalam meninindak lanjut setiap keluhan masuk. yang menjadi faktor pendukung dimana adanya SOP, fasilitas pengaduan dan tindak lanjut dan menjadi faktor penghambat dimana jumlah pegawai dibidang pengaduan(HUMAS) masih kurang.

Description

Keywords

Keluhan, Pelayanan, Penaganan Keluhan

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By