Academic Research Paper
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/28
Browse
Item TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) PADA PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2022(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) ASTRI WINDAKepuasan Pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Lima prinsip pengukuran yang membentuk kualitas pelayanan adalah Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy), dan Penampilan fisik atau Berwujud (tangibles). Pelayanan Informasi Obat (PIO) bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait obat kepada pasien dan tenaga kesehatan, serta mendukung penggunaan obat yang rasional, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Informasi Obat (PIO) pada Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS di RSUD Haji Makassar Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana tingkat kepuasan Pelayanan Informasi Obat terhadap pasien Rawat Jalan pengguna BPJS. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien sebesar 87,16% yang menyatakan bahwa pasien sangat puas dengan Pelayanan Informasi Obat yang diberikan oleh RSUD Haji Makassar.