Academic Research Paper

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/28

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    ANALISIS KELENGKAPAN RESEP PASIEN BPJS RAWAT JALAN SECARA ADMINISTRASI DAN FARMASETIK DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI KOTA MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) MUHAMMAD IMRAN. S
    Pengkajian resep merupakan aspek yang sangat penting dalam proses peresepan obat karena dapat membantu mengurangi terjadinya medication error. Permasalahan pengobatan yang mungkin dapat terjadi akibat kesalahan peresepan di antaranya ialah obat tidak tepat, dosis obat kurang atau berlebih, alergi obat, inkompatibilitas obat, adanya interaksi obat, duplikasi pengobatan, cara pakai yang tidak tepat dan sebagainya. Alasan pentingnya dilakukan pengkajian resep sebelum obat diserahkan kepada pasien adalah karena banyaknya kasus permasalahan terkait obat yang sering muncul, yaitu interaksi obat yang berdampak pada kegagalan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelengkapan resep pasien BPJS rawat jalan dalam aspek administrasi dan farmasetik di salah satu Rumah Sakit di Kota Makassar. Metode penelitian secara non eksperimental secara observasional dengan rancangan penelitian deskriptif yaitu bersifat retrospektif menggunakan resep jiwa pasien BPJS rawat jalan periode bulan November-Desember 2023, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode random sampling, dan dalam metode menghitung ukuran sampel menggunakan teknik slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kelengkapan resep di salah satu Rumah Sakit di Kota Makassar belum lengkap secara Administrasi dan Farmasetik.
  • Item
    TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) PADA PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2022
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) ASTRI WINDA
    Kepuasan Pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Lima prinsip pengukuran yang membentuk kualitas pelayanan adalah Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy), dan Penampilan fisik atau Berwujud (tangibles). Pelayanan Informasi Obat (PIO) bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait obat kepada pasien dan tenaga kesehatan, serta mendukung penggunaan obat yang rasional, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Informasi Obat (PIO) pada Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS di RSUD Haji Makassar Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana tingkat kepuasan Pelayanan Informasi Obat terhadap pasien Rawat Jalan pengguna BPJS. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien sebesar 87,16% yang menyatakan bahwa pasien sangat puas dengan Pelayanan Informasi Obat yang diberikan oleh RSUD Haji Makassar.