Academic Research Paper

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/28

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA APOTEK K24 DI GOWA
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) HUMAERAH HASNUR
    HUMAERAH HASNUR (2021) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Apotek K24 Di Gowa. Dibimbing oleh Nurhikma Awaluddin dan Mirfaidah Nadjamuddin. Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat dan komprehensif oleh farmasi kepada pasien, masyarakat atau pihak yang memerlukan pelayanan informasi obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa berdasarkan analisis kepuasan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bersifat non eksperimental (observasional) dengan metode analisis deskriptif (kualitatif) dengan instrument penelitian berupa lembaran kuesioner sesuai dengan model servqual. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 470 pasien. Akan tetapi, setelah dilakukan perhitungan Rumus Slovin dan yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah 137 Responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan dalam pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa sebesar 74,44 % pasien telah merasa puas dengan pelayanan informasi obat yang diberikan, hal ini sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di Apotek.
  • Item
    GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DI PUSKESMAS ANTANG
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) SITI RAHMADILLA S.
    Pelayanan informasi obat didefinisikan sebagai kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, terkini dan komprehensif oleh apoteker kepada pasien, masyarakat, rekan sejawat tenaga kesehatan dan pihak-pihak lain yang membutuhknnya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Antang. Menggunakan metode penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah- masalah yang diteliti atau menjawab untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Berdasarkan hasil penelitian Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Antang diperoleh skor rata-rata dengan kategori sangat puas. Dimensi penampilan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,82%), dimensi kehandalan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (86,12%), dimensi tanggap memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,58%), dimensi jaminan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,58%), dan dimensi empati memiliki tingkat kepuasan tertinggi (85,94%). Memperoleh nilai rata-rata 87,58% (sangat puas). Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas