Academic Research Paper
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/28
Browse
3 results
Search Results
Item EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA APOTEK K24 DI GOWA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) HUMAERAH HASNURHUMAERAH HASNUR (2021) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Apotek K24 Di Gowa. Dibimbing oleh Nurhikma Awaluddin dan Mirfaidah Nadjamuddin. Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat dan komprehensif oleh farmasi kepada pasien, masyarakat atau pihak yang memerlukan pelayanan informasi obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa berdasarkan analisis kepuasan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bersifat non eksperimental (observasional) dengan metode analisis deskriptif (kualitatif) dengan instrument penelitian berupa lembaran kuesioner sesuai dengan model servqual. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 470 pasien. Akan tetapi, setelah dilakukan perhitungan Rumus Slovin dan yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah 137 Responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan dalam pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa sebesar 74,44 % pasien telah merasa puas dengan pelayanan informasi obat yang diberikan, hal ini sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di Apotek.Item PROFIL KELENGKAPAN RESEP DI APOTEK PUSKESMAS AENG TOWA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR PERIODE MARET SAMPAI MEI 2019(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NURFADILAH ANWARNurfadilah Anwar, Profil Kelengkapan Resep di Apotek Puskesmas Aeng Towa Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Periode Maret sampai Mei 2019 di bimbing oleh A. Juaella Yustisi dan Jalal. Kelengkapan resep merupakan aspek yang sangat penting dalam peresepan karena dapat membantu mengurangi terjadinya medication error. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan resep di Apotek Puskesmas Aeng Towa Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Penelitian yang dilakukan menggunakan Metode Simple Random Sampling dimana semua resep dari bulan Maret sampai Mei 2019 dipisahkan antara resep Racikan dan resep Non Racikan, kemudian diolah menggunakan Rumus Slovin untuk penentuan jumlah sampel dan di dapatkan sampel sebanyak 328 resep dari bulan Maret sampai Mei 2019, antara lain 62 resep Racikan dan 266 resep Non Racikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan resep di Apotek Puskesmas Aeng Towa Kecamatan galesong Utara Kabupaten Takalar masih belum lengkap secara Administrasi dan Farmasetik karena penulisan resepnya belum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasiaan di Apotek hal ini dikhawatirkan dapat memicu terjadinya medication errorItem TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK ATHIQAH FARMA(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) RAHMAWATITingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Athiqah Farma.Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Athiqah Farma. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner yang di isi oleh responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden. Kuesioner memiliki lima dimensi yaitu jaminan(assurance), empati(empathy), daya tanggap(responsiveness), keandalan(reability), dan bukti langsung(tangible). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pasien merasa puas terhadap pelayanan informasi obat di apotek Athiqah Farma.