EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA APOTEK K24 DI GOWA
No Thumbnail Available
Date
2025-08-11
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PERPUSTAKAAN MEGAREZKY
Abstract
HUMAERAH HASNUR (2021) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap
Pelayanan Informasi Obat Pada Apotek K24 Di Gowa. Dibimbing oleh Nurhikma
Awaluddin dan Mirfaidah Nadjamuddin.
Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi,
rekomendasi obat yang independen, akurat dan komprehensif oleh farmasi kepada
pasien, masyarakat atau pihak yang memerlukan pelayanan informasi obat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa berdasarkan analisis
kepuasan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bersifat non
eksperimental (observasional) dengan metode analisis deskriptif (kualitatif)
dengan instrument penelitian berupa lembaran kuesioner sesuai dengan model
servqual. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan
jumlah populasi sebanyak 470 pasien. Akan tetapi, setelah dilakukan perhitungan
Rumus Slovin dan yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah
137 Responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan dalam pelayanan informasi obat
pada Apotek K24 di Gowa sebesar 74,44 % pasien telah merasa puas dengan
pelayanan informasi obat yang diberikan, hal ini sesuai dengan standar pelayanan
kefarmasian di Apotek.
Description
Keywords
Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Pasien, Apotek