HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR
No Thumbnail Available
Date
2025-08-06
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY
Abstract
Pengendalian emosi sangat dibutuhkan, jika siswa memiliki tingkat kecerdasan yang
tinggi di sekolah maka siswa tersebut dapat mengendalikan emosinya dengan baik apabila
berinteraksi dengan orang di sekitarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stres pada siswa kelas XII di SMA
Negeri 12 Makassar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 356 siswa-siswi dan diperoleh sampel
sebanyak 188 responden, dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan analisis univariat dan bivariat
dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pada umumnya siswa memiliki kecerdasan emosional
tinggi sebanyak 83,5% sedangkan siswa yang memiliki tingkat stres ringan sebanyak
78,2% dan nilai p 0,044 (<0,05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara
kecerdasan emosional dengan tingkat stres pada siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa umumnya siswa memiliki kecerdasan emosional
tinggi dan tingkat stres pada siswa umumnya memiliki tingkat stres ringan serta terdapat
hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat stres pada siswa
kelas XII di SMA Negeri 12 Makassa
Description
Keywords
Siswa, kecerdasan emosional, tingkat stres