Academic Research Paper
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/28
Browse
4 results
Search Results
Item EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA APOTEK K24 DI GOWA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) HUMAERAH HASNURHUMAERAH HASNUR (2021) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Apotek K24 Di Gowa. Dibimbing oleh Nurhikma Awaluddin dan Mirfaidah Nadjamuddin. Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat dan komprehensif oleh farmasi kepada pasien, masyarakat atau pihak yang memerlukan pelayanan informasi obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa berdasarkan analisis kepuasan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bersifat non eksperimental (observasional) dengan metode analisis deskriptif (kualitatif) dengan instrument penelitian berupa lembaran kuesioner sesuai dengan model servqual. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 470 pasien. Akan tetapi, setelah dilakukan perhitungan Rumus Slovin dan yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah 137 Responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan dalam pelayanan informasi obat pada Apotek K24 di Gowa sebesar 74,44 % pasien telah merasa puas dengan pelayanan informasi obat yang diberikan, hal ini sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di Apotek.Item PENGARUH PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MAROS BARU(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-09) FITRI AMALIA AKSYAMPelayanan Informasi Obat merupakan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh apoteker untuk memberikan informasi yang akurat, jelas, dan terkini kepada dokter, apoteker, perawat, profesional kesehatan lainnya, dan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian di Puskesmas Maros Baru. Penelitian ini melibatkan 88 orang responden berstatus sebagai pasien di Puskesmas Maros Baru. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner sebanyak 24 pertanyaan. Kuesioner yang diberikan berupa tingkat kepuasan pasien terhadap informasi obat dengan menggunakan format 4 skala likert yaitu: sangat memuaskan, memuaskan, kurang memuaskan dan tidak memuaskan terhadap 4 variabel tingkat kepuasan yaitu kehandalan, ketanggapan, empati dan jaminan. Data kuesioner kemudian diolah menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata rata tingkat kepuasan pasien sebesar 82,98% yang menyatakan bahwa pasien sangat memuaskan dengan Pelayanan Informasi Obat yang diberikan oleh Puskesmas Maros BaruItem TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) PADA PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2022(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) ASTRI WINDAKepuasan Pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Lima prinsip pengukuran yang membentuk kualitas pelayanan adalah Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy), dan Penampilan fisik atau Berwujud (tangibles). Pelayanan Informasi Obat (PIO) bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait obat kepada pasien dan tenaga kesehatan, serta mendukung penggunaan obat yang rasional, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Informasi Obat (PIO) pada Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS di RSUD Haji Makassar Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana tingkat kepuasan Pelayanan Informasi Obat terhadap pasien Rawat Jalan pengguna BPJS. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien sebesar 87,16% yang menyatakan bahwa pasien sangat puas dengan Pelayanan Informasi Obat yang diberikan oleh RSUD Haji Makassar.Item GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DI PUSKESMAS ANTANG(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) SITI RAHMADILLA S.Pelayanan informasi obat didefinisikan sebagai kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, terkini dan komprehensif oleh apoteker kepada pasien, masyarakat, rekan sejawat tenaga kesehatan dan pihak-pihak lain yang membutuhknnya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Antang. Menggunakan metode penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah- masalah yang diteliti atau menjawab untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Berdasarkan hasil penelitian Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Antang diperoleh skor rata-rata dengan kategori sangat puas. Dimensi penampilan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,82%), dimensi kehandalan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (86,12%), dimensi tanggap memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,58%), dimensi jaminan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (87,58%), dan dimensi empati memiliki tingkat kepuasan tertinggi (85,94%). Memperoleh nilai rata-rata 87,58% (sangat puas). Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas