Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
7 results
Search Results
Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 19 MAKASSAR(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) YOHANES BABTISTA MUDINPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi, melalui gaya mengajar inkuiri passing dalam pembelajaran passing pada permainan sepak bola SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakaan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II yang dirancangkan penelitian ini adalah kemampuan dasar passing kaki bagian dalam sebagai data (psikomotor) dan nilai soal-soal latihan sebagai nilai pengetahuan (kognitif). Pengamatan sebagai data sikap (afektif). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 19 Makassar yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data hasil belajar passing kaki bagian dalam dengan menggunakan lembar penilaian isian pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing kaki bagian dalam menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 15 siswa dengan persentase 50%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 30 siswa dengan persentase 100%. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan : bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui gaya mengajar inkuiri passing dapat meningkatkan hasil belajar passing pada siswa kelas IX F SMP Negeri 19 Makassar.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA BAN TARGET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BANTAENG(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) NUR ANNISAPenelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui media ban target pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng yang berjumlah 23 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Penelitian Tindakan Kelas, hasil penelitian dapat digambarkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar passiang atas pada permainan bola voli melalui media ban target pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng meningkat, berdasarkan hasil observasi pada siklus I hasil belajar passing atas bola voli dalam kategori tuntas adalah sebanyak 10 siswa dengan presentase 43%,kemudian pada siklus II terjadi peningkatan persentase dalam kategori tuntas adalah sebanyak 23 siswa dengan persentase 100% berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa upaya meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui media ban target dapat meningkat pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE MELALUI METODE BERVARIASI DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA KELAS X IPA 7 SMAN 12 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-09) ANJASPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribble melalui metode bervariasi dalam permainan sepakbola siswa kelas X IPA 7 SMAN 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian seluruh siswa kelas X IPA 7 SMAN 12 Makassar yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data observasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penjaskes khususnya meningkatkan dribble dalam permainan sepakbola melalui metode bervariasi siswa kelas X IPA 7 SMAN 12 Makassar meningkat. Dilihat dari presentase ketuntasan siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan presentase 55,88%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 33 osiswa dengan presentase 97,06%.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 13 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) YULIANA AKHRIANIPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 13 Makassar 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase jumlah siswa yang mencapai skor > 75 atau yang memiliki kategori tinggi yaitu 83,33% pada siklus I, setelah melakukan perbaikan pada tindakan atau presentase jumlah siswa yang mencapai kriterial dengan skor > 75 atau yang memiliki kategori timggi meningkat menjadi 100% yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan.Item UPAYA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PASSING BERPASANGAN PADA SISWA KELAS XI SMA N 12 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) MUHAMMAD ILHAMPermasalahan yang muncul dalam pembelajaran passing atas bola voli siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar banyak mengalami pembelajaran siswa yang tidak bisa melakukan passing atas sehingga bola tidak dapat melambung ke atas, pengambilan bolanya berada di depan dada seharusnya sejajar dengan wajah. Dengan hasil pembelajaran siswa yang rata-rata hasil belajarnya hanya mencapai 10% dari jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui model passing berpasangan pada siswa kelas XI SMA 12 Makassar.Jenis penelitian ini yaitu Penenlitian Tindakan Kelas (PTK). dilakukan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa XI Mipa 7 Makassar yang berjumlah 30 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 14 orang dan siswa perempuan berjumlah 16 orang. Teknik analisis data mengunakan deskriptif kualitatif pengumpulan dari masing-masing item tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model passing berpasangan dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Dilihat dari presentase ketuntasan siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan presentase 17%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 30 siswa dengan persentase 100%.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI PASSING TEMBOK PANTUL PADA SISWA KELAS VIII D SMP TUT WURI HANDAYANI MAKASSAR(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) GABRIELPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan menggunakan kaki bagian dalam melalui modifikasi tembok pantul pada permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Tut Wuri Handayani Makassar. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Menggunakan prosedur penelitian yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Tut Wuri Handayani Makassar. Yang berjumlah 30 siswa dengan rincian 21 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes evaluasi dan dokumentasi, sedangkan pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,teknik tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kunantitatif. Hasi belajar passing menggunakan kaki bagian dalam melalui modifikasi tembok pantul pada permainan sepak bola kelas VIII D SMP Tut Wuri Handayani Makassar pada siklus I nilai ketuntasan 43% dengan frekuensi 13 siswa yang berada pada kategori tuntas dan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik dengan nilai 100% dengan 30 siswa yang berada pada kategori tuntas maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode modifikasi tembok pantul hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permaiana sepak bola terjadi peningkatan, pada siswa kelas VIII SMP Tut Wuri Handayani Makassar Pada Mata Pelajaran Pendidikan JasmaniItem PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION SISWA KELAS IV SD NEGERI 271 LEMBANG KABUPATEN PINRANG(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) APRIYANTI EVAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With a Question Siswa Kelas IV SD Negeri 271 Lembang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 271 Lembang dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 58,8% dengan nilai rata-rata 67,23 atau 10 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 88,2% dengan nilai rata-rata 79,88 atau 15 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 271 Lembang melalui model pembelajaran Learning Start With a Question